Skip to main content

Hello 2022 - Rekomendasi Chinese Drama Hidden Gem!

 


Hai semuanya!!!!
Udah berapa lama ya aku gak posting di blog dan rasanya kangen banget buat nulis lagi setelah tiap hari dihadepin sama angka mulu wkwkwk.
Terakhir aku posting di tahun 2020 (Gila!) dan bahkan adsense yang dulu aku perjuangin banget udah dicabut hahaha ya udahlah ya. Aku bikin blog juga biar bisa mengungkapkan pandangan aku, curhatan aku soal drama tertentu.

Dari tahun 2020, of course udah banyak banget drama yang aku tonton. Kdrama, Cdrama, JDrama juga. Cuma emang 2 tahun ini aku lebih banyak ngeluangin waktu buat chinese drama sih. Karena pada dasarnya cdrama ngehits tinggal tunggu waktu aja hahahaha.

Kdrama ya sekarang siapa lah ya yang enggak ngikutin, jadi bakalan aku skip aja drama-drama yang udah tamat aku tonton. Aku cuma mau mention beberapa kdrama yang pernah aku suka banget kaya: Run On, Vincenzo, Crash Landing on You, Red Sleeve, Extraordinary You, dsb.

Di tahun 2020/2021 ada Chinese Drama yang aku suka pake banget banget banget. Sebenernya Taiwanese Drama sih "Someday or One Day". Itu adalah satu-satunya drama yang aku kasih nilai 10/10 dari watchlist-ku di mydramalist hahaha. Kenapa? Udah kek bisa bikin essay kalo dijelasin.

Selain drama legend ini entah udah berapa chinese drama yang udah aku coba tonton. Ya seperti drama dari negara lainnya, kasusnya sama lah ya excited-di-awal-ditelantarin-diakhir wkwkwk. Tapi lumayan banyak sih. Ada beberapa drama yang bener-bener membekas. Aku bakalan kasih penjelasan singkatnya dan alasan kenapa aku rekomendasiin drama ini. Kemungkinan besar ada dari kalian yang "ah inimah udah tahu aku" tapi gimanapun masih seru kalo baca insight dari pihak lain. Ya gak?>.<

1. The Day of Becoming You

Pas awal aku baca sinopsis drama ini, aku langsung bayangin Secret Garden karena katanya ini adalah remakenya. Apalagi beh, yang main Steven Zhang sama Liang Jie, dua aktor-aktris China yang kemampuan aktingnya gak usah ditanya dan GAK-DIDUB-PULA hahaha. Menurutku ini adalah salah satu remake drama yang eksekusinya ngasih cerita yang fresh gak sama plek kaya versi aslinya. Malah jauh pake banget. Sepanjang aku ngikutin drama ini, feel serunya berasa terus. Akting Zhang Xincheng selalu bikin ngakak (kok bisa ya dia bisa membawakan karakter yang selalu beda di setiap dramanya), chemistry mereka dapet banget. Aku suka sama semua mikro-ekspresi dan mikro-attitude mereka disini. Bener-bener sangat natural.

Kisahnya first male lead (FML) itu leader dari grup idol. Dia itu tipikal orang yang perfeksionis, gila bersih, gila sehat tapi punya latar belakang keluarga yang semua orang bisa relate. Dia body-swapping sama first female lead (FFL) yang seorang reporter dunia hiburan. Gak kaya FML, keluarganya super duper hangat. Melalui body-swapping ini masing-masing dari mereka jadi bisa ngelihat cara pandang yang beda. Antara dunia artis yang hingar-bingar itu dan reporter hiburan yang punya kesan "tukang gosip".
Walaupun punya konsep cerita yang "floating" karena memang fantasi tapi aku ngasih respect yang besar buat drama ini karena bisa membuat plot dengan cakrawala manusia biasa. Ada banyak hal atau pelajaran yang bisa kita relate. Gimana mereka berpikir suatu hal itu ya "oh iya mereka sama kok manusia kayak kita walaupun idol hits". Kalo pengen ngakak ini drama yang cocok juga so ya cek aja, sinematografinya bagus, gak ada filter idol drama bubbly yang bikin sakit mata itu, high worth pokoknya. Cuma siap-siap aja endingnya rada bikin menghela nafas karena berasa ditipu (maklum sensor China itu kadang suka bikin di hih!)

2. Jia-Jia's Lovely Journey

Hayo! Ada yang tahu drama ini? Kalo ada yang udah nonton kalian hebat! Sens-nya bagus hahaha. Aku aja gak sengaja nyoba drama ini dan sangat duper super terpukau sama sinematografi dan latar tempatnya indah banget.
Ceritanya ada satu cewek yang kerja di perusahaan tourism/ project liburan gitu nah dia ketiban apes disuruh ama atasannya buat riset di salah satu desa di daerah pegunungan. Awalnya emang riset doang tapi akhirnya dia malah milih tempat ini apalagi setelah akrab sama dua eh tiga orang di desa itu. Satu si pemilik villa tempat dia tinggal, dua-penulis novel thriller yang kelakukannya absurd banget, tiga-ABG desa itu yang ngebet banget pengen tinggal di kota.

Romance? Ada. Tapi tipis banget kek kulit ari, tapi ada kok. Kadang suka bikin gregetan dan pukul-pukul bantal. Pokoknya mata dibikin healing aja, karena nih desa wah keren seger. Pas waktu duduk dan mulai nih drama, gak berasa aja episodenya selesai. Ceritanya seru, dan bikin insight baru. Tinggal di kota besar yang banyak gedung-gedung tinggi gak sepenuhnya bagus gaes. SERIUS.

3. Moonlight

Iya dramanya Esther Yu sama Ryan Ding/ Ding Yuxi. Sebenernya ini tipikal drama yang alurnya terbilang rada slow. Tapi aku menikmati setiap prosesnya hahaha. Akting mereka bagus dan natural banget disini. Casting meraka berdua buat jadi Chu Li dan Zhou Chuan-gak ada orang lain yang bisa ngebawain dua karakter itu sebagus mereka. Udah duduknya pas banget.
Aku suka sinematografinya, camera worknya, OST-nya, mikro-detailnya semua suka. Perkembangan hubungan mereka tuh smooth banget dan bikin efek yang natural jadi gak ada muncul pertanyaan. "Loh kok dia udah suka dia?"

Intinya drama ini mengisahkan soal Chu Li yang suka banget baca buku. Cuma ketimbang jadi penulis buku dia lebih passion buat mengurusi-mempersiapkan naskah dari penulis asli biar lebih "worth" termasuk segala kegiatan pasca-rilisnya. Intinya dia passion banget buat jadi "ibu" si naskah itu. Disini dia berurusan sama salah satu penulis yang bisa dibilang rewel (sebenernya aku nganggep dia punya dunia sendiri, yang wajarlah penulis kan emang suka aneh-aneh kelakukannya). Mereka berinteraksi bareng, perlahan, sampe akhirnya bisa melalui keraguan masing-masing dan mencapai apa yang sebenernya mereka pengini dari posisinya yang sekarang. Sampe sekarang aku masih kebayang, surat yang Zhou Chuan kasih buat Chu Li. Itu adalah pengakuan paling romantis dan terkesan tulus apa adanya, tanpa kelihatan mendramatisir kata-kata atau tulisan. Emang ya kalo jodohnya penulis emang beda hahaha. Mau Zhou Chuan satu buat aku. Dia itu punya potensi buat jadi bapak yang baik haha.

4. Love in Time

Baru aja tamat kemaren dan yah uhuk uhuk bikin aku nangis seharian. Kenapa? Apa sad ending? Enggak, ini gimanapun idol drama gaes. Manisnya banyak tapi plotnya gak dibikin bego. Itu yang aku suka haha.
Ini adalah drama kelima dari jajaran Sweet On 2022 yang disuguhkan IQiyi. Bisa dibilang expectless banget sih. Oh ada line ke-5? Siapa mereka? Nah loh, itulah diriku pas lihat poster Sweet On di awal tahun 2022. Karena Sweet On 2021 kualitasnya lumayan oke, sebagian besar dari meraka aku suka kek Moonlight, TDOBY, Forver and Ever, dll jadi aku nungguin banget buat line 2022. Hampir semuanya aku tungguin khususnya Mr Bad tapi ya ekspektasi ya ekspektasi, gak ada satupun dari 4 line pertama yang ngasih aku impact. Romance of Fairy and Devil lumayan sih, CG-nya oke banget cuma entah kenapa gak masuk my cup of tea. Lalu Mr. Bad yang awalnya aku mikir "wah mayan seru nih" tapi grafiknya turun mulu dan berakhir dengan b aja buat aku. Lalu bam! Love in Time muncul.

Aku ngabisin 10/24 dalam satu hari! Ditengah jam kerjaku dan muacetnya ibukota yang ah sudahlah saking masuknya ke radarku. Of course ya namanya idol drama pasti gak bakal lepas dari adegan cheesy atau cringe cuma tenang bisa tutup mata atau skip, selebihnya WORTH IT!

FML-nya itu pengacara yang rada angkuh, kelewat PD, dan keras kepala namanya He Zheng Yu. Cuma aku ngerasanya sifat aslinya dia gak kaya gitu, lama-lama diperlihatin ke penonton kalo dia manusia biasa, punya juga rasa empati, bisa putus asa juga, dan bisa ngutamain orang yang dia sayang dibanding yang lain. Karakter yang dilihatin di awal murni karena lingkungan kerjanya.

FFL-nya itu sebenernya editor di office berita namanya Chen Jialan. Cuma lama-lama dia mulai ngejar mimpinya buat jadi reporter dan emang keliatan kalo dia punya passion disana. Anaknya berani, jago bela diri, bukan tipe cewek yang manja pengen ditabok, cerdas pula, cuma emang gampang putus asa di hal tertentu (aku yakin ini masalah plot hole penulisan karakter dia karena rada gak sinkron ama passion dia di dunia kerja).

Suatu malam, karena suatu hal, ruang dan waktu mereka melebur jadi satu dan tumpang tindih satu sama lain. Si cowok dari Januari 2022 dan si Cewek dari September 2021, jadi jarak mereka cuma 4 bulan. Fenomena ini terjadi tiap malam mulai pukul 10.06 sampai 10.52. Ada beberapa aturan peleburan yang emang gak aku jelasin lebih jauh.


Sebenernya ceritanya lumayan familiar aka time travel tapi konsepnya lumayan baru sih buat aku "peleburan ruang dan waktu". Dan endingnya adalah tipe ending yang kayanya ngasih impact lumayan dalem dan lama ke aku. Namanya drama time travel pasti gak bisa lepas dari konsep "sebab dan akibat". Dramanya berkutat tentang mengubah takdir beberapa orang yang sebenernya saling terkait satu sama lain. Inget hukum kekekalan energi? Jika ada yang diambil berarti harus ada yang dilepaskan. Cuma seru aja gitu ngikutin konsep yang familiar tapi diterapin di kondisi yang beda.

Aku selalu ngakak kalo ngebandingin 2021HZY sama 2022HZY. Plot bakal sampe di titik dimana kedua HZY bisa komunikasi walaupun gak secara langsung:
1. 2021HZY selalu protes waktunya 2022HZY abis buat ngedate ama CJL padahal dia juga butuh waktu buat dirinya juga. Nah loh hahaha.
2. 2022HZY selalu protes ama sifatnya 2021HZY yang super duper keras kepala. Lah itu dirimu yg dulu abangkuuuu.
3. CJL benci setengah mati ama 2021HZY tapi clingey banget ke 2022HZY. Kek kontras gitu, aku suka banget gimana kita bisa mendeviasi perkembangan 2021HZY ke 2022HZY. It's so satisfying to watch!

Dan aku suka drama yang berasa kek nano-nano. Ada bahagianya, ada lucunya, ada gregetannya, tapi pasti ada juga mellonya. Dan drama ini punya aspek itu. Beberapa line yang kebetulan bikin hati aku rada tergerak:
1. Mereka cuma punya waktu 46 menit sehari.
2. Karena cuma ketemu di malam hari, mereka gak pernah berinteraksi di siang hari (ya ada sama 2021 HZY cuma kan beda timelinenya). Bahkan salah satu harapan 2022HZY adalah pas dia buka mata di pagi hari, disana juga ada CJL seenggaknya ngetok pintu dia. Sesepele itu! Sedih banget gak sih.
3. Takdir mereka di timeline 2022 emang pada dasarnya gak ada.

Pokoknya drama ini worth it banget di buat di check out. Ada banyak masalah hukum cuma emang gak semewah drama-drama hukum Korea cuma udah lumayan menarik sih lihat HZY dengan kecerdasannya nyelesein masalah.


Oke segitu aja dulu.
Sebenernya ada banyak drama yang belum aku mention. Mungkin di postingan lain? Jadi drama apa yang kamu sebenernya gak tungguin tapi ternyata malah suka banget atau bahkan jadi all-time-favorite?


Aku? Ada! Di 2022 ada dua: 1. Love Like The Galaxy 2. Love in Time
Kalo kamu?

See you on the next post~ bye bye~ 

Comments

Popular Posts This Week

Sinopsis Sweet Dreams Episode 20 Part 3

Cinta bukan menghadiahkan tas, sepatu kulit, ataupun parfum. Itu adalah ketika kau tak sadarkan diri dan dia tahu itu karena gula darah yang rendah. Dia akan pergi ke apotek dan membeli tablet glukosa hanya demi dirimu. - Lu Bao Ni

Sinopsis Sweet Dreams Episode 10 Part 2

Percayalah, selama bunga segar di dunia ini terus mekar, hal-hal indah juga akan terus datang. -  Solace Master

Sinopsis Sweet Dreams Episode 5 Part 2

Bunga segar memang tidak bisa menyelesaikan semua masalah, tapi itu tetaplah sebuah langkah awal yang indah. - Solace Flower

Sinopsis Sweet Dreams Episode 2 Part 1

Setiap tumbuhan memiliki keunikan tersendiri. Selama dirimu tahu apa yang membuat ia istimewa, niscaya kau akan menemukan sisi keindahannya yang unik. - Bo Hai

Sinopsis Sweet Dreams Episode 1 Part 2

Sebenarnya aku tidak terlalu suka warna merah muda, tapi aku menyukai momen ketika dirinya membawakan sebuket bunga mawar merah muda untukku dan mengatakan bahwa ia mencintaiku untuk pertama kalinya malam itu... - Madeline

Sinopsis Sweet Dreams Episode 19 Part 1

Kau pernah memberitahuku. Saat aku berhenti terobsesi denganmu, aku mungkin akan menjadi seorang florist sungguhan. Sejujurnya, aku memutuskan untuk belajar floristry , jatuh cinta dengan floristry , dan menjadi seorang florist yang sebenarnya, semuanya adalah karena dirimu. - Ling Ling Qi

Sinopsis Sweet Dreams Episode 12 Part 2

Meskipun biasanya kau sulit ditangani, tapi kita tahu kau orang baik. - Ling Guo Liang

Sinopsis Sweet Dreams Episode 4 Part 1

Aku memulai Flower Plus bukan untuk menghasilkan uang, aku melakukannya untuk menyebarkan hal-hal yang indah. - Bo Hai

Sinopsis Sweet Dreams Episode 3 Part 2

Aku mendirikan Flower Plus saat berusia 22 tahun. Saat itu, satu-satunya hal yang aku tahu adalah floristry , tapi aku berhasil membuatnya menjadi perusahaan resmi dan memiliki ratusan karyawan dalam waktu 6 tahun. Apa kau tahu apa rahasianya? Itu karena aku beruntung. - Bo Hai

Sinopsis Sweet Dreams Episode 7 Part 2

Bo Hai, idolamu, adalah seorang master florist yang telah kehabisan bakat. Aku seorang munafik yang bersedia melakukan apapun untuk menjaga reputasiku. - Bo Hai